-->

Fakta Unik : Hal Unik Yang Dimiliki Kuda Laut

Ikan Unik - Kuda laut merupakan organisme yang hidup dan berkembang biak di dalam laut. Kuda laut termasuk dalam genus Hippocampus dan famili Syngnathidae. Kuda laut dapat ditemukan diperairan tropis dan menengah diseluruh dunia. Biasanya kuda laut memiliki ukuran berkisar antara 16 mm - 35 cm.  Terdapat beberapa fakta unik yang dimiliki oleh kuda laut, yaitu :


1. Kuda laut jantan hamil dan melahirkan
Pada saat perkawinan, kuda laut betina menyuntikkan sel telur ke dalam kantung pengeram kuda laut jantan. Telur tersebut akan terbuahi dan siap untuk dilahirkan selama 6-10 minggu.

2. Kuda laut sangat pandai menyamarkan diri
Kuda laut sangat terkenal dengan kemampuannya untuk berkamuflase. Kuda laut dapat mengubah corak tubuhnya hingga menyerupai lingkungan disekitarnya ayaknya bunglon.

3. Ikan tetapi bentuk tubuh tidak seperti ikan
Meskipun bentuk tubuh kuda laut sangat berbeda dengan ikan pada umunya, akan tetapi paa peneliti telah sepakat memasukkan kuda laut ke dalam kelompok ikan. hal ini dikarenakan kuda laut bernafas dengan insang dan berenang dengan menggunakan sirip.

4. Ikan yang tidak pandai berenang
Bentuk tubuh yang tegak lurus dan sirip yang kecil membuat kuda laut kesulitan dalam berenang, sehingga mereka menggunakan ekornya untuk bertengger padakarang atau rumput laut agar tidak hanyut terbawa air. Saking kurangnya kemampuan kuda laut dalam berenang, kuda laut merupakan satu-satunya ikan yang dapat ditangkap dengan.


5. Salah satu ikan yang rakus
Hampir setiap saat kuda laut makan terutama plankton yang ada disekitarnya. Hal ini dikarenakan sistem percenaan kuda laut sangat cepat, bahkan dia tidak memiliki gigi dan perut. Dalam sehari, kuda laut dapat memakan 3000 artemia dalam air.

6. Ikan yang sangat setia
Kuda laut termasuk dalam goongan ikan monogami, yaitu hanya kawin dengan satu pasangan pada saat proses pemijahan.

0 Response to "Fakta Unik : Hal Unik Yang Dimiliki Kuda Laut"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel