-->

Perbedaan Pakan Alami dan Buatan pada Ikan

    Untuk memenuhi kebutuhan energi pada ikan dalam kegiatan budidaya, diperlukan pemberian pakan sebagai sumber energi. Pakan bagi ikan dibagi dalam 2 kelompok, yaitu pakan alami dan pakan buatan. Setiap jenis pakan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing:

1. Pakan Alami
       Merupakan pakan yang berasal langsung dari alam maupun hasil budidaya namun tidak ada mendapat pengolahan secara khusus ataupun pencampuran dengan bahan lain. Pakan alami dibandingkan dengan pakan buatan memiliki kelebihan berupa : Mudah dicerna, Tidak merusak kualitas air, Tidak mudah rusak atau hancur, dan Dapat dikembang biakkan sehingga menghemat biaya produksi. Adapun contoh pakan alami adalah : Plankton baik itu fitoplankton maupun zooplankton, dan Ikan rucah.

BACA JUGA : Mengenal pakan alami bagi ikan :
Copepoda   
Cacing Sutra Tubifex sp 
Syarat Plankton sebagai pakan alami ikan 

2. Pakan Buatan
      Pakan buatan merupakan pakan yang diolah secara khusus oleh manusia dari berbagai campuran bahan baku. Pakan buatan memiliki beberapa keunggulan dibandingkan pakan alami, yaitu : Nilai kandungan gizi dapat disesuaikan dengan kebutuhan ikan, dan Lebih mudah dalam mempersiapkan karena telah banyak diproduksi secara komersil.

2 Responses to "Perbedaan Pakan Alami dan Buatan pada Ikan"

  1. Ini yang harus tau nama namanya, klo gk tau asal jangkepen aja kita nanti

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih gan komentarnya, tapi maksudnya gimana?

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel