-->

Kelebihan dan Kelemahan Ikan, Tumbuhan, dan Hewan Hidbrid

 
Hibridisasi merupakan proses mengawinkan 2 jenis ikan, hewan, atau tumbuhan yang berbeda jenis, varietas, atau unsur genetinya. Atau merupakan keturunan pertama dari hasil persilangan antara 2 individu yang memiliki genotip berbeda. Hasil persilangan ini akan menghasilkan suatu individu baru yang memiliki sifat genetik dari perpaduan induknya, yaitu setengah dari induk jantan dan setengah dari induk betina. Tampilan fenotipnya (tampilan fisik/visual) bisa tampak rumit, karena akan berupa perpaduan tampilan genotip dengan lingkungannya. Dengan demikian individu hibrid adalah suatu individu yang memiliki 2 atau lebih genotip yang terpadu dan menampilkan suatu tampian yang khas bagi individu tersebut.

Perkawinan untuk mendapatkan bibit unggul biasa dilakukan dengan sengaja. Akan tetapi pada beberapa jenis ikan ada yang berlangsung secara alami. Perkawinan yang secara alami dapat menyebabkan adanya individu baru yang tidak unggul. apalagi untuk sebagian kecil ada ikan - ikan berbahaya yang dapat berhidrasi dengan ikan lainnya. Seperti pada family Esocidae.

Keunggulan Hibridisasi pada Ikan

1. Kualitas benih hibrid memiliki efek heterosis melebihi 10% lebih tinggi daripada kedua induknya.
2. Hibridisasi menjadi salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan kualitas genetik karena memiliki teknik yang sederhana dan tidak memerlukan biaya tinggi serta dapat dilakukan dengan fasilitas dan kemampuan sumber daya manusia yang terbatas. 
3. Hibridisasi juga dapat menghasilkan strain baru yang memiliki keunggulan dibandingkan dengan tetuanya dalam hal peningkatan kecepatan pertumbuhan, ketahanan hidup dan penampilan warna. 4. banyaknya varietas yang unggul menjadikan varietas buruk hampir tidak ada atau punah sehingga tidak ada keseimbangan alam sehingga perlunya memelihara varietas buruk dan varietas unggul secara seimbang.
5. menciptakan populasi baru yang mana pada sebagian dari individu-individu anggotanya dapat dipadukan ciri-ciri sifat-sifat keturunan yang baik.

Kelemahan Hibridisasi Ikan / Hewan / Tumbuhan

1. secara tidak langsung banyaknya proses hibridisasi membuat varietas asli (alam) terancam punah sehingga perlunya pembudidayaan varietas asli secara seimbang agar sifat asli tanaman tidak hilang.
2. sukar untuk mendapatkan suatu hibrida antar spesies dan antar genera. Hibridasi somatik dapat mengatasi hal tersebut.

0 Response to "Kelebihan dan Kelemahan Ikan, Tumbuhan, dan Hewan Hidbrid"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel