-->

Alat Pernapasan Tambahan pada Ikan

    Sama halnya dengan makhluk hidup lain, ikan juga membutuhkan oksigen untuk bernapas. Ikan memanfaatkan oksigen yang terlarut dalam air untuk menghasilkan energi melalui oksidasi lemak dan gula. Organ pernapasan utama yang terdapat pada ikan berupa insang. Akan tetapi pada sebagian ikan terdapat alat pernapasan tambahan lain yang dapat digunakan dalam proses pernafasan.

    Pada kondisi tertentu, ikan memanpaatkan alat pernafasan tambahan  tersebut sebagai bentuk adaptasi terhadap lingkungan. Ikan mengalami modifikasi alat pernapasan sebagai alat bantu pernapasan. Berikut ini merupakan beberapa alat pernapasan tambahan yang dapat ditemukan pada beberapa jenis ikan :

1. Permukaan kulit

    Beberapa jenis ikan yang habitatnya dilumpur akan memanfaatkan seluruh permukaan tubuhnya sebagai alat pernapasan tambahan. adapun ikan yang dapat bernafasa menggunakan kulit antara lain :

Contoh :

  • ikan mudskipper atau ikan glodok ikan glodok dengan matanya yang menonjol dan sirip dada yang kuat. Ikan ini merupakan kerabat ikan gobi, yang beradaptasi untuk hidup di daratan di rawa-rawa di Afrika dan Asia. Mudskipper bernafas melalui kulit mereka dan melalui lapisan mulut (mukosa) dan tenggorokan (faring). Agar difusi udara dapat terjadi, mudskipper harus basah, sehingga mudskipper hanya dapat hidup di habitat yang lembab
  • Belut
Ikan belut hidup- sayur online | Shopee Indonesia
Beberapa jenis belut dapat bertahan lama di daratan yang lembab, karena dapat bernafas melalui kulit. Bahkan belut Moray (Echidna catenata) kadang mencari makan dengan menuju ke daratan.
 
2. Gelembung renang 
    Gelembung renang adalah suatu organ pada ikan yang berupa kantong selaput berisi campuran gas dengan tekanan yang berubah-ubah. Gelembung renang berfungsi untuk mengatur tubuh ikan saat mengapung di dalam air karena dengan alat itu ikan dapat menyesuaikan volume tubuh dan berat jenisnya dengan kedalaman air yang direnanginya sehingga ikan dapat tetap mempertahankan posisinya tanpa harus berenang secara terus-menerus, pada ikan paru-paru juga berfungsi sebagai alat pernapasan.

Contoh : ikan lele

Ini Fakta Ikan Lele Bagi Kesehatan | JYB MEDIA

3. Labirin

Labirin merupakan tulang rawan yang dapat berfungsi sebagai alat pernafasan tambahan. Labirin juga diketahui mempunyai fungsi menyimpan oksigen yang nantinya dapat digunakan saat ketersediaan oksigen minim

Contoh :

  • Ikan gurame
    √ Cara Budidaya Ikan Gurame Di Kolam Terpal - Agribisnis Agrokompleks 
  • Ikan tambakan
    Ikan tambakan - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas 
  •  Ikan sepat
    Sepat - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

0 Response to "Alat Pernapasan Tambahan pada Ikan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel