-->

Pengertian Faktor Migrasi Ikan Tropotaksis, Sensor Taksis, dan Reproduktif

1.      Tropotaksis :
·         Bromotaksis / ketersediaan makanan
Adalah migrasi yang dilakukan ikan yang disebabkan oleh pengaruh ketersediaan makanan, dimana ikan akan bermigrasi untuk mencari makanan yang berlimpah. (contoh ikan )
·         Branchiotaksis / kebutuhan oksigen
Adalah migrasi yang dilakukan oleh ikan yang disebabkan oleh kebutuhan oksigen pada ikan, dimana ikan akan mencari perairan dengan kandungan oksigen yang lebih banyak. (contoh ikan : )
·         Termotaksis / suhu
Fluktuasi suhu dan perubahan geografis merupakan faktor penting yang merangsang dan menentukan pengkonsentrasian serta pengelompokan ikan.  Suhu akan mempengaruhi proses metabolisme, aktifitas gerakan tubuh dan berfungsi sebagai stimulus saraf.  (Contoh ikan : ikan cakalang berkisar 160-260 C, sedangkan suhu tinggi merupakan faktor penghambat bagi ikan salmon untuk bermigrasi (pada suhu 240C tidak ada ikan salmon yang bermigrasi).
2.      Sensor taksis
·         Phototatksis / intensitas cahaya
Perubahan intensitas cahaya sangat mempengaruhi pola penyebaran ikan, tetapi respon ikan terhadap perubahan intensitas cahaya dipengaruhi oleh jenis ikan, suhu dan tingkat kekeruhan perairan.  Ikan mempunyai kecenderungan membentuk kelompok kecil pada siang hari dan menyebar pada malam hari.

·         Chimiotaksis / bahan kimia
Pencemaran air limbah akan mempengaruhi migrasi ikan, penambahan kualitas air limbah dapat menyebabkan perubahan pola migrasi ikan ke bagian hulu sungai. (Contoh ikan : white catfish)
·         Rheotaksis / arus
Arus akan mempengaruhi migrasi ikan melalui transport pasif telur ikan dan juvenil dari daerah pemijahan menuju daerah asuhan. Arus yang berlawanan pada saat spesies dewasa bermigrasi dari daerah makanan menuju ke daerah pemijahan. Ikan dewasa yang baru selesai memijah juga memanfaatkan arus untuk kembali ke daerah makanan. Pasang surut di perairan menyebabkan terjadinya arus di perairan yang disebut arus pasang dan arus surut. (Contoh ikan : salmon)

3.      Reproduktif
·         Gamotaksis / kematangan gonad
Kematangan gonad diduga merupakan salah satu pendorong bagi ikan untuk melakukan migrasi, meskipun bisa terjadi ikan-ikan tersebut melakukan migrasi sebagai proses untuk melakukan pematangan gonad. (contoh ikan : salmon dan sidat)

0 Response to "Pengertian Faktor Migrasi Ikan Tropotaksis, Sensor Taksis, dan Reproduktif "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel