-->

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Bakteri


Bakteri adalah kelompok organisme yang tidak memiliki membran inti sel. Organisme ini termasuk ke dalam domain prokariota dan berukuran sangat kecil, serta memiliki peran besar dalam kehidupan di bumi. Sedangkan Bakteri nitrifikasi adalah kelompok bakteri yang mampu menyusun senyawa nitrat dari senyawa amonia yang pada umumnya berlangsung secara aerob di dalam tanah 

Pertumbuhan bakteri dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu :

1. Konsentrasi ammonium, konsentrasi 3 mg/liter ammonium nitrogen adalah optima untuk pertumbuhan bakteri Nitrosomonas dan Nitrobacter.

2. Suhu, bakteri mampu bertahan pada suhu 0-30 derajat Celsius. Suhu dibawah 5 derajat celcius dapat menghambat pertumbuhan bakteri.

3. pH, kisaran pH optimum untuk nitrifikasi adalah pH 8-9. Penurunan p hingga 7-6 dapat menurunkan laju nitrifikasi sebesar 90%.

4. Konsentrasi oksigen, karena nitrifikasi berlangsung secara aerob maka perlu memperhatikan kecukupan oksigen dalam filter.

5. Bahan organik, kotoran pada saringan dapat menjadi media tumbuh bakteri lain yang dapat menekan pertumbuhan bakter Nitrosomonas dan Nitrobakter.

6. Salinitas, ion klorida dalam air laut akan dapat menghambat proses nitrifikasi. Proses nitrifikasi pada air tawar lebih cepat dibandingkan dengan pada air laut.

7. Bahan beracun, ion-ion logam atau bahan medis seperti formaldehid dapat membunuh atau menghambat pertumbuhan bakteri nitrifikasi.

0 Response to "Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Bakteri"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel