-->

Bishwa Ijtema, Kumpulan Muslim Terbesar Kedua di Dunia Setelah Haji Ada di Bangladesh

Lebih dari 3 juta umat muslim setiap tahun berkumpul di Tongi di tepi sungai, di pinggiran Dhaka, ibukota Bangladesh, untuk menghadiri Bishwa Ijtema atau World Congregation - Pertemuan gerakan jamaah Tablight Islam tahunan. Pertemuan ini merupakan pertemuan tebesar ke-2 umat muslim di dunia setelah haji.

Seperti yang dikutip dari versesofuniverse.blogspot.com, Bishwa Ijtema merupakan pertemuan yang dimana khotbah-khotbah dan ibadah dilakukan oleh para ulama besar di dunia.

Acara ini berlangsung selama 3 hari dengan jamaah yang berasal dari penjuru negri hingga bahkan dari luar negri. Para jamaah datang dengan berbagai cara, ada yang menggunakan kereta api yang di dalamnya hingga penuh dan bahkan ada yang berada di atas kereta api, dan ada pula yang berkumpul di dalam kapal fery yang dipenuhi manusia.

Selama hari-hari menjelang acara tersebut, bahkan kereta api dan bus-bus yang dikerahkan dalam jmlah cukup banyak masih tidak mampu untuk mengangkut para jamaah yang berjumlah 3 jutaan itu dengan aman.

Karena jutaan umat mendatangi dan berkumpul ke kota yang berpenduduk 350.000 jiwa, otoritas mempekerjakan pasukan paramiliter dan relawan untuk mengatasi tantangan logistik secara besar-besaran. Untuk mendukung berjalannya acara ini dengan baik,  sebuah plot dengan luas 160-acre dipersiapkan dengan layanan dasar seperti listrik, telepon, gas konektor, dan toilet. Dimana para jamaah makan, tidur, dan sholat pada tempat tersebut.

Kamp-kamp medispun disiapkan dan dokter-dokter yang cuti khusus untuk acara ini tersedia untuk melayani para jamaah. Setiap harinya, diperkirakan seluruh jamaah mengkonsumsi 30 juta liter air dan mereka berbagi 4.000 toilet.

Bishwa Ijtema diselenggarakan oleh jamaah tabligh, sebuah kelompok non-politik Bangladesh yang tujuannya adalah reformasi spiritual Islam.

Tradisi ini diprakarsai oleh seorang ulama India bernama Muhammad Ilyas al-Kandhlawi yang mulai sebagai sekelompok kecil orang yang berpikiran religius berkumpul di sebuah masjid lokal.

0 Response to "Bishwa Ijtema, Kumpulan Muslim Terbesar Kedua di Dunia Setelah Haji Ada di Bangladesh"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel